NAMA : REYFAN KELAS : XI IPS 2 MAPEL : KIMIA HARI/TGL : 22 AGUSTUS 2022
1. Karena setiap bahan bakar memiliki kualitas yang berbeda, sehingga memengaruhi perbedaan bilangan oktan. 2. saat ini avtur tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan roda dua seperti motor. 3. Tidak bisa, karena pertamax hanya digunakan untuk kendaraan roda dua, dan roda empat
1. Karena, Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus dihindari.
2. Bisa karena Seiring perkembangan zaman, saat ini avtur tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan roda dua seperti motor. Dalam hal ini, tidak semua jenis motor dapat menggunakan avtur, melainkan hanya motor balap yang sudah disesuaikan dan diatur sedemikian rupa. Penggunaan avtur pada motor dilakukan karena bahan bakar ini memiliki tarikan mesin yang lebih enteng dan membuat kecepatan motor jauh meningkat lebih cepat. Namun, hal ini juga akan membuat mesin lebih cepat panas karena membutuhkan kompresi yang tinggi. Selain itu, avtur memiliki angka oktan di atas 100, sehingga dibutuhkan karakter mesin yang dapat menahan panas lebih tinggi agar pembakarannya sempurna.
3. Tidak bisa karena pesawat memerlukan bilangan oktan lebih dari 100(avtur).
NAMA : Juanda Arya Nanda KELAS : XI IPS-2 MAPEL: Kimia
1. Bahan bakar yang dijual di Indonesia memiliki nilai oktan yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan setiap kendaraan memiliki spesifikasi bahan bakar tersendiri.
2. Seiring perkembangan zaman, saat ini avtur tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan roda dua seperti motor. Dalam hal ini, tidak semua jenis motor dapat menggunakan avtur, melainkan hanya motor balap yang sudah disesuaikan dan diatur sedemikian rupa. Penggunaan avtur pada motor dilakukan karena bahan bakar ini memiliki tarikan mesin yang lebih enteng dan membuat kecepatan motor jauh meningkat lebih cepat. Namun, hal ini juga akan membuat mesin lebih cepat panas karena membutuhkan kompresi yang tinggi. Selain itu, avtur memiliki angka oktan di atas 100, sehingga dibutuhkan karakter mesin yang dapat menahan panas lebih tinggi agar pembakarannya sempurna. Sedangkan mesin motor yang biasa kita gunakan sehari-hari memiliki angka oktan dan kompresi yang lebih rendah, sehingga tidak dapat menahan panas yang tinggi walaupun sudah dibantu dengan radiator. Semakin tinggi angka oktan, maka akan semakin besar tekanan yang dibutuhkan bahan bakar untuk terbakar. Jika bahan bakar bernilai oktan rendah digunakan pada mesin yang dirancang untuk oktan tinggi, maka akan terjadi overheat dan dapat menyebabkan ketukan hebat yang dapat merusak mesin.
3. Tidak bisa, karena Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI).
Nama : Gresela Melisa Kelas: XI IPS 2 Jawaban: 1). Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus dihindari.
2). Seiring perkembangan zaman, saat ini avtur tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan roda dua seperti motor. Dalam hal ini, tidak semua jenis motor dapat menggunakan avtur, melainkan hanya motor balap yang sudah disesuaikan dan diatur sedemikian rupa. Penggunaan avtur pada motor dilakukan karena bahan bakar ini memiliki tarikan mesin yang lebih enteng dan membuat kecepatan motor jauh meningkat lebih cepat. Namun, hal ini juga akan membuat mesin lebih cepat panas karena membutuhkan kompresi yang tinggi. Selain itu, avtur memiliki angka oktan di atas 100, sehingga dibutuhkan karakter mesin yang dapat menahan panas lebih tinggi agar pembakarannya sempurna. Sedangkan mesin motor yang biasa kita gunakan sehari-hari memiliki angka oktan dan kompresi yang lebih rendah, sehingga tidak dapat menahan panas yang tinggi walaupun sudah dibantu dengan radiator. Semakin tinggi angka oktan, maka akan semakin besar tekanan yang dibutuhkan bahan bakar untuk terbakar. Jika bahan bakar bernilai oktan rendah digunakan pada mesin yang dirancang untuk oktan tinggi, maka akan terjadi overheat dan dapat menyebabkan ketukan hebat yang dapat merusak mesin. Selain itu, jika dilihat dari segi tenaga, mesin tidak akan bekerja secara maksimal dan powerful karena pembakaran tidak sempurna sehingga tidak dapat melakukan pembakaran dan timbul sisa-sisa karbon di ruang bakar. Maka dari itu, penggunaan bahan bakar yang tepat dan sesuai perlu menjadi perhatian bagi para pemilik kendaraan, karena hal tersebut akan membuat proses pembakaran di ruang mesin jadi lebih sempurna. Hal ini tentunya berdampak pada performa mesin motor yang jauh lebih baik, konsumsi bahan bakar lebih irit dan umur mesin menjadi lebih panjang.
3). Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI).
1.Setiap jenis bahan bakar yang digunakan kendaraan memiliki Nilai Oktan (Research Octane Number/RON) yang berbeda. Hal ini juga mengacu pada kualitas dan harga dari bahan bakar tersebut. tidak heran jika dengan harga dan kualitas tersebut menjanjikan penggunanya dengan perawatan mesin yang baik bagi kendaraan.
2.Memang ada yang bilang, dengan itu tarikan mesin bisa lebih enteng dan motor bisa makin ngacir. Hal tersebut bisa saja terjadi, namun khusus pada mesin motor yang telah dimodifikasi untuk balapan.Bahan bakar yang oktannya semakin tinggi karakternya semakin sulit dibakar jadi butuh panas yang tinggi untuk membakarnya dalam waktu yang sama dengan oktan yang lebih rendah. Dengan karakter tersebut, mesin harus memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan teknik pengapian yang disetel lebih awal agar pembakaran sempurna.Karena hasil pembakaran lebih panas dan menghasilkan energi yang besar butuh material yang lebih kuat, tidak gampang meleleh. Sementara, mesin motor yang biasa dipakai harian didesain tidak terlalu panas dan kompresi rendah. Agar bisa menenggak bensin yang oktannya rendah, misalnya Premium (88) atau Pertalite (92). Jika tetap memaksakan memakai avtur untuk bahan bakar motor harian, justru dapat merusak komponen mesin hingga terjadi overheat.
3.Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)
Nama: Devita Septania Kelas: XI IPS 2 Mapel: Kimia
1.Semakin tinggi bilangan oktan, maka semakin tinggi kualitas dari bensin tersebut.
2.Memang ada yang bilang, dengan itu tarikan mesin bisa lebih enteng dan motor bisa makin ngacir. Hal tersebut bisa saja terjadi, namun khusus pada mesin motor yang telah dimodifikasi untuk balapan.Bahan bakar yang oktannya semakin tinggi karakternya semakin sulit dibakar jadi butuh panas yang tinggi untuk membakarnya dalam waktu yang sama dengan oktan yang lebih rendah. Dengan karakter tersebut, mesin harus memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan teknik pengapian yang disetel lebih awal agar pembakaran sempurna.Karena hasil pembakaran lebih panas dan menghasilkan energi yang besar butuh material yang lebih kuat, tidak gampang meleleh. Sementara, mesin motor yang biasa dipakai harian didesain tidak terlalu panas dan kompresi rendah. Agar bisa menenggak bensin yang oktannya rendah, misalnya Premium (88) atau Pertalite (92). Jika tetap memaksakan memakai avtur untuk bahan bakar motor harian, justru dapat merusak komponen mesin hingga terjadi overheat.
3.Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)
Nama:Candra Agus Saputro Kelas:XI IPS 2 Mapel:Kimia Jawaban: 1.Setiap jenis bahan bakar yang digunakan kendaraan memiliki Nilai Oktan (Research Octane Number/RON) yang berbeda. Hal ini juga mengacu pada kualitas dan harga dari bahan bakar tersebut. tidak heran jika dengan harga dan kualitas tersebut menjanjikan penggunanya dengan perawatan mesin yang baik bagi kendaraan.
2.Memang ada yang bilang, dengan itu tarikan mesin bisa lebih enteng dan motor bisa makin ngacir. Hal tersebut bisa saja terjadi, namun khusus pada mesin motor yang telah dimodifikasi untuk balapan.Bahan bakar yang oktannya semakin tinggi karakternya semakin sulit dibakar jadi butuh panas yang tinggi untuk membakarnya dalam waktu yang sama dengan oktan yang lebih rendah. Dengan karakter tersebut, mesin harus memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan teknik pengapian yang disetel lebih awal agar pembakaran sempurna.Karena hasil pembakaran lebih panas dan menghasilkan energi yang besar butuh material yang lebih kuat, tidak gampang meleleh. Sementara, mesin motor yang biasa dipakai harian didesain tidak terlalu panas dan kompresi rendah. Agar bisa menenggak bensin yang oktannya rendah, misalnya Premium (88) atau Pertalite (92). Jika tetap memaksakan memakai avtur untuk bahan bakar motor harian, justru dapat merusak komponen mesin hingga terjadi overheat.
3.Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)
Nama: Delita citra lestari Kelas: XI IPS 2 Mapel: Kimia 1.Semakin tinggi bilangan oktan, maka semakin tinggi kualitas dari bensin tersebut. 2.Memang ada yang bilang, dengan itu tarikan mesin bisa lebih enteng dan motor bisa makin ngacir. Hal tersebut bisa saja terjadi, namun khusus pada mesin motor yang telah dimodifikasi untuk balapan.Bahan bakar yang oktannya semakin tinggi karakternya semakin sulit dibakar jadi butuh panas yang tinggi untuk membakarnya dalam waktu yang sama dengan oktan yang lebih rendah. Dengan karakter tersebut, mesin harus memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan teknik pengapian yang disetel lebih awal agar pembakaran sempurna.Karena hasil pembakaran lebih panas dan menghasilkan energi yang besar butuh material yang lebih kuat, tidak gampang meleleh. Sementara, mesin motor yang biasa dipakai harian didesain tidak terlalu panas dan kompresi rendah. Agar bisa menenggak bensin yang oktannya rendah, misalnya Premium (88) atau Pertalite (92). Jika tetap memaksakan memakai avtur untuk bahan bakar motor harian, justru dapat merusak komponen mesin hingga terjadi overheat. 3.Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)
1.Semakin tinggi bilangan oktan, maka semakin tinggi kualitas dari bensin tersebut.
2.Memang ada yang bilang, dengan itu tarikan mesin bisa lebih enteng dan motor bisa makin ngacir. Hal tersebut bisa saja terjadi, namun khusus pada mesin motor yang telah dimodifikasi untuk balapan.Bahan bakar yang oktannya semakin tinggi karakternya semakin sulit dibakar jadi butuh panas yang tinggi untuk membakarnya dalam waktu yang sama dengan oktan yang lebih rendah. Dengan karakter tersebut, mesin harus memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan teknik pengapian yang disetel lebih awal agar pembakaran sempurna.Karena hasil pembakaran lebih panas dan menghasilkan energi yang besar butuh material yang lebih kuat, tidak gampang meleleh. Sementara, mesin motor yang biasa dipakai harian didesain tidak terlalu panas dan kompresi rendah. Agar bisa menenggak bensin yang oktannya rendah, misalnya Premium (88) atau Pertalite (92). Jika tetap memaksakan memakai avtur untuk bahan bakar motor harian, justru dapat merusak komponen mesin hingga terjadi overheat.
3.Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)
1.Semakin tinggi bilangan oktan, maka semakin tinggi kualitas dari bensin tersebut.
2.Memang ada yang bilang, dengan itu tarikan mesin bisa lebih enteng dan motor bisa makin ngacir. Hal tersebut bisa saja terjadi, namun khusus pada mesin motor yang telah dimodifikasi untuk balapan.Bahan bakar yang oktannya semakin tinggi karakternya semakin sulit dibakar jadi butuh panas yang tinggi untuk membakarnya dalam waktu yang sama dengan oktan yang lebih rendah. Dengan karakter tersebut, mesin harus memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan teknik pengapian yang disetel lebih awal agar pembakaran sempurna.Karena hasil pembakaran lebih panas dan menghasilkan energi yang besar butuh material yang lebih kuat, tidak gampang meleleh. Sementara, mesin motor yang biasa dipakai harian didesain tidak terlalu panas dan kompresi rendah. Agar bisa menenggak bensin yang oktannya rendah, misalnya Premium (88) atau Pertalite (92). Jika tetap memaksakan memakai avtur untuk bahan bakar motor harian, justru dapat merusak komponen mesin hingga terjadi overheat.
3.Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)
NAMA : PAZYA WINDICA SAPUTRI KELAS : XI IPS-2 HARI/TANGGAL : JUM'AT/26 AGUSTUS 2022
JAWABAN: 1.karena, Angka oktan adalah angka yang menunjukkan tingkat ketukan (knocking) yang dihasilkan di ruang bakar saat terjadi pembakaran. Sedangkan RON merupakan singkatan Research Octane Number, yang artinya angka oktan didapat setelah melalui hasil penelitian laboratorium.
2.Seiring perkembangan zaman, saat ini avtur tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan roda dua seperti motor.
3.Tidak bisa, karena Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI). Kalau mau ngangkat tenaga, pakai Avgas, itu bensin oktan di atas 100, biasa untuk pesawat baling-baling non-turboprop.
Agustus 2022 04.28 NAMA : MARTONIS KELAS : XI IPS 2 MAPEL : KIMIA HARI/TGL : 22 AGUSTUS 2022
1. Karena setiap bahan bakar memiliki kualitas yang berbeda, sehingga memengaruhi perbedaan bilangan oktan. 2. saat ini avtur tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan roda dua seperti motor. 3. Tidak bisa, karena pertamax hanya digunakan untuk kendaraan roda dua, dan roda empat
1. Karena, Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus dihindari.
2. Bisa karena Seiring perkembangan zaman, saat ini avtur tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan roda dua seperti motor. Dalam hal ini, tidak semua jenis motor dapat menggunakan avtur, melainkan hanya motor balap yang sudah disesuaikan dan diatur sedemikian rupa. Penggunaan avtur pada motor dilakukan karena bahan bakar ini memiliki tarikan mesin yang lebih enteng dan membuat kecepatan motor jauh meningkat lebih cepat. Namun, hal ini juga akan membuat mesin lebih cepat panas karena membutuhkan kompresi yang tinggi. Selain itu, avtur memiliki angka oktan di atas 100, sehingga dibutuhkan karakter mesin yang dapat menahan panas lebih tinggi agar pembakarannya sempurna.
3. Tidak bisa karena pesawat memerlukan bilangan oktan lebih dari 100(avtur).
Jawaban: 1.Setiap jenis bahan bakar yang digunakan kendaraan memiliki Nilai Oktan (Research Octane Number/RON) yang berbeda. Hal ini juga mengacu pada kualitas dan harga dari bahan bakar tersebut. tidak heran jika dengan harga dan kualitas tersebut menjanjikan penggunanya dengan perawatan mesin yang baik bagi kendaraan.
2.Memang ada yang bilang, dengan itu tarikan mesin bisa lebih enteng dan motor bisa makin ngacir. Hal tersebut bisa saja terjadi, namun khusus pada mesin motor yang telah dimodifikasi untuk balapan.Bahan bakar yang oktannya semakin tinggi karakternya semakin sulit dibakar jadi butuh panas yang tinggi untuk membakarnya dalam waktu yang sama dengan oktan yang lebih rendah. Dengan karakter tersebut, mesin harus memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan teknik pengapian yang disetel lebih awal agar pembakaran sempurna.Karena hasil pembakaran lebih panas dan menghasilkan energi yang besar butuh material yang lebih kuat, tidak gampang meleleh. Sementara, mesin motor yang biasa dipakai harian didesain tidak terlalu panas dan kompresi rendah. Agar bisa menenggak bensin yang oktannya rendah, misalnya Premium (88) atau Pertalite (92). Jika tetap memaksakan memakai avtur untuk bahan bakar motor harian, justru dapat merusak komponen mesin hingga terjadi overheat.
3.Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)
NAMA : REYFAN
BalasHapusKELAS : XI IPS 2
MAPEL : KIMIA
HARI/TGL : 22 AGUSTUS 2022
1. Karena setiap bahan bakar memiliki kualitas yang berbeda, sehingga memengaruhi perbedaan bilangan oktan.
2. saat ini avtur tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan roda dua seperti motor.
3. Tidak bisa, karena pertamax hanya digunakan untuk kendaraan roda dua, dan roda empat
Nama: Yael Crisyella Harahap
BalasHapusKelas: XI IPS-2
1. Karena, Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus dihindari.
2. Bisa karena Seiring perkembangan zaman, saat ini avtur tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan roda dua seperti motor. Dalam hal ini, tidak semua jenis motor dapat menggunakan avtur, melainkan hanya motor balap yang sudah disesuaikan dan diatur sedemikian rupa.
Penggunaan avtur pada motor dilakukan karena bahan bakar ini memiliki tarikan mesin yang lebih enteng dan membuat kecepatan motor jauh meningkat lebih cepat. Namun, hal ini juga akan membuat mesin lebih cepat panas karena membutuhkan kompresi yang tinggi. Selain itu, avtur memiliki angka oktan di atas 100, sehingga dibutuhkan karakter mesin yang dapat menahan panas lebih tinggi agar pembakarannya sempurna.
3. Tidak bisa karena pesawat memerlukan bilangan oktan lebih dari 100(avtur).
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNAMA : Juanda Arya Nanda
BalasHapusKELAS : XI IPS-2
MAPEL: Kimia
1. Bahan bakar yang dijual di Indonesia memiliki nilai oktan yang berbeda-beda. Hal ini disebabkan setiap kendaraan memiliki spesifikasi bahan bakar tersendiri.
2. Seiring perkembangan zaman, saat ini avtur tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan roda dua seperti motor. Dalam hal ini, tidak semua jenis motor dapat menggunakan avtur, melainkan hanya motor balap yang sudah disesuaikan dan diatur sedemikian rupa. Penggunaan avtur pada motor dilakukan karena bahan bakar ini memiliki tarikan mesin yang lebih enteng dan membuat kecepatan motor jauh meningkat lebih cepat. Namun, hal ini juga akan membuat mesin lebih cepat panas karena membutuhkan kompresi yang tinggi. Selain itu, avtur memiliki angka oktan di atas 100, sehingga dibutuhkan karakter mesin yang dapat menahan panas lebih tinggi agar pembakarannya sempurna. Sedangkan mesin motor yang biasa kita gunakan sehari-hari memiliki angka oktan dan kompresi yang lebih rendah, sehingga tidak dapat menahan panas yang tinggi walaupun sudah dibantu dengan radiator. Semakin tinggi angka oktan, maka akan semakin besar tekanan yang dibutuhkan bahan bakar untuk terbakar. Jika bahan bakar bernilai oktan rendah digunakan pada mesin yang dirancang untuk oktan tinggi, maka akan terjadi overheat dan dapat menyebabkan ketukan hebat yang dapat merusak mesin.
3. Tidak bisa, karena Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI).
Nama : Gresela Melisa
BalasHapusKelas: XI IPS 2
Jawaban:
1). Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus dihindari.
2). Seiring perkembangan zaman, saat ini avtur tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan roda dua seperti motor. Dalam hal ini, tidak semua jenis motor dapat menggunakan avtur, melainkan hanya motor balap yang sudah disesuaikan dan diatur sedemikian rupa. Penggunaan avtur pada motor dilakukan karena bahan bakar ini memiliki tarikan mesin yang lebih enteng dan membuat kecepatan motor jauh meningkat lebih cepat. Namun, hal ini juga akan membuat mesin lebih cepat panas karena membutuhkan kompresi yang tinggi. Selain itu, avtur memiliki angka oktan di atas 100, sehingga dibutuhkan karakter mesin yang dapat menahan panas lebih tinggi agar pembakarannya sempurna. Sedangkan mesin motor yang biasa kita gunakan sehari-hari memiliki angka oktan dan kompresi yang lebih rendah, sehingga tidak dapat menahan panas yang tinggi walaupun sudah dibantu dengan radiator. Semakin tinggi angka oktan, maka akan semakin besar tekanan yang dibutuhkan bahan bakar untuk terbakar. Jika bahan bakar bernilai oktan rendah digunakan pada mesin yang dirancang untuk oktan tinggi, maka akan terjadi overheat dan dapat menyebabkan ketukan hebat yang dapat merusak mesin. Selain itu, jika dilihat dari segi tenaga, mesin tidak akan bekerja secara maksimal dan powerful karena pembakaran tidak sempurna sehingga tidak dapat melakukan pembakaran dan timbul sisa-sisa karbon di ruang bakar. Maka dari itu, penggunaan bahan bakar yang tepat dan sesuai perlu menjadi perhatian bagi para pemilik kendaraan, karena hal tersebut akan membuat proses pembakaran di ruang mesin jadi lebih sempurna. Hal ini tentunya berdampak pada performa mesin motor yang jauh lebih baik, konsumsi bahan bakar lebih irit dan umur mesin menjadi lebih panjang.
3). Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI).
1.Setiap jenis bahan bakar yang digunakan kendaraan memiliki Nilai Oktan (Research Octane Number/RON) yang berbeda. Hal ini juga mengacu pada kualitas dan harga dari bahan bakar tersebut. tidak heran jika dengan harga dan kualitas tersebut menjanjikan penggunanya dengan perawatan mesin yang baik bagi kendaraan.
BalasHapus2.Memang ada yang bilang, dengan itu tarikan mesin bisa lebih enteng dan motor bisa makin ngacir. Hal tersebut bisa saja terjadi, namun khusus pada mesin motor yang telah dimodifikasi untuk balapan.Bahan bakar yang oktannya semakin tinggi karakternya semakin sulit dibakar jadi butuh panas yang tinggi untuk membakarnya dalam waktu yang sama dengan oktan yang lebih rendah. Dengan karakter tersebut, mesin harus memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan teknik pengapian yang disetel lebih awal agar pembakaran sempurna.Karena hasil pembakaran lebih panas dan menghasilkan energi yang besar butuh material yang lebih kuat, tidak gampang meleleh. Sementara, mesin motor yang biasa dipakai harian didesain tidak terlalu panas dan kompresi rendah. Agar bisa menenggak bensin yang oktannya rendah, misalnya Premium (88) atau Pertalite (92). Jika tetap memaksakan memakai avtur untuk bahan bakar motor harian, justru dapat merusak komponen mesin hingga terjadi overheat.
3.Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama: Devita Septania
BalasHapusKelas: XI IPS 2
Mapel: Kimia
1.Semakin tinggi bilangan oktan, maka semakin tinggi kualitas dari bensin tersebut.
2.Memang ada yang bilang, dengan itu tarikan mesin bisa lebih enteng dan motor bisa makin ngacir. Hal tersebut bisa saja terjadi, namun khusus pada mesin motor yang telah dimodifikasi untuk balapan.Bahan bakar yang oktannya semakin tinggi karakternya semakin sulit dibakar jadi butuh panas yang tinggi untuk membakarnya dalam waktu yang sama dengan oktan yang lebih rendah. Dengan karakter tersebut, mesin harus memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan teknik pengapian yang disetel lebih awal agar pembakaran sempurna.Karena hasil pembakaran lebih panas dan menghasilkan energi yang besar butuh material yang lebih kuat, tidak gampang meleleh. Sementara, mesin motor yang biasa dipakai harian didesain tidak terlalu panas dan kompresi rendah. Agar bisa menenggak bensin yang oktannya rendah, misalnya Premium (88) atau Pertalite (92). Jika tetap memaksakan memakai avtur untuk bahan bakar motor harian, justru dapat merusak komponen mesin hingga terjadi overheat.
3.Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)
Nama:Candra Agus Saputro
BalasHapusKelas:XI IPS 2
Mapel:Kimia
Jawaban:
1.Setiap jenis bahan bakar yang digunakan kendaraan memiliki Nilai Oktan (Research Octane Number/RON) yang berbeda. Hal ini juga mengacu pada kualitas dan harga dari bahan bakar tersebut. tidak heran jika dengan harga dan kualitas tersebut menjanjikan penggunanya dengan perawatan mesin yang baik bagi kendaraan.
2.Memang ada yang bilang, dengan itu tarikan mesin bisa lebih enteng dan motor bisa makin ngacir. Hal tersebut bisa saja terjadi, namun khusus pada mesin motor yang telah dimodifikasi untuk balapan.Bahan bakar yang oktannya semakin tinggi karakternya semakin sulit dibakar jadi butuh panas yang tinggi untuk membakarnya dalam waktu yang sama dengan oktan yang lebih rendah. Dengan karakter tersebut, mesin harus memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan teknik pengapian yang disetel lebih awal agar pembakaran sempurna.Karena hasil pembakaran lebih panas dan menghasilkan energi yang besar butuh material yang lebih kuat, tidak gampang meleleh. Sementara, mesin motor yang biasa dipakai harian didesain tidak terlalu panas dan kompresi rendah. Agar bisa menenggak bensin yang oktannya rendah, misalnya Premium (88) atau Pertalite (92). Jika tetap memaksakan memakai avtur untuk bahan bakar motor harian, justru dapat merusak komponen mesin hingga terjadi overheat.
3.Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)
Nama: Delita citra lestari
BalasHapusKelas: XI IPS 2
Mapel: Kimia
1.Semakin tinggi bilangan oktan, maka semakin tinggi kualitas dari bensin tersebut.
2.Memang ada yang bilang, dengan itu tarikan mesin bisa lebih enteng dan motor bisa makin ngacir. Hal tersebut bisa saja terjadi, namun khusus pada mesin motor yang telah dimodifikasi untuk balapan.Bahan bakar yang oktannya semakin tinggi karakternya semakin sulit dibakar jadi butuh panas yang tinggi untuk membakarnya dalam waktu yang sama dengan oktan yang lebih rendah. Dengan karakter tersebut, mesin harus memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan teknik pengapian yang disetel lebih awal agar pembakaran sempurna.Karena hasil pembakaran lebih panas dan menghasilkan energi yang besar butuh material yang lebih kuat, tidak gampang meleleh. Sementara, mesin motor yang biasa dipakai harian didesain tidak terlalu panas dan kompresi rendah. Agar bisa menenggak bensin yang oktannya rendah, misalnya Premium (88) atau Pertalite (92). Jika tetap memaksakan memakai avtur untuk bahan bakar motor harian, justru dapat merusak komponen mesin hingga terjadi overheat.
3.Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)
Nama:Rahma wati
BalasHapusKelas: XI IPS 2
Mapel: Kimia
1.Semakin tinggi bilangan oktan, maka semakin tinggi kualitas dari bensin tersebut.
2.Memang ada yang bilang, dengan itu tarikan mesin bisa lebih enteng dan motor bisa makin ngacir. Hal tersebut bisa saja terjadi, namun khusus pada mesin motor yang telah dimodifikasi untuk balapan.Bahan bakar yang oktannya semakin tinggi karakternya semakin sulit dibakar jadi butuh panas yang tinggi untuk membakarnya dalam waktu yang sama dengan oktan yang lebih rendah. Dengan karakter tersebut, mesin harus memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan teknik pengapian yang disetel lebih awal agar pembakaran sempurna.Karena hasil pembakaran lebih panas dan menghasilkan energi yang besar butuh material yang lebih kuat, tidak gampang meleleh. Sementara, mesin motor yang biasa dipakai harian didesain tidak terlalu panas dan kompresi rendah. Agar bisa menenggak bensin yang oktannya rendah, misalnya Premium (88) atau Pertalite (92). Jika tetap memaksakan memakai avtur untuk bahan bakar motor harian, justru dapat merusak komponen mesin hingga terjadi overheat.
3.Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)
Nama :ANISA ALZAHRA
BalasHapusKelas :XI IPS 2
Mapel : KIMIA
1.Semakin tinggi bilangan oktan,
maka semakin tinggi kualitas dari bensin tersebut.
2.Memang ada yang bilang, dengan itu tarikan mesin bisa lebih enteng dan motor bisa makin ngacir. Hal tersebut bisa saja terjadi, namun khusus pada mesin motor yang telah dimodifikasi untuk balapan.Bahan bakar yang oktannya semakin tinggi karakternya semakin sulit dibakar jadi butuh panas yang tinggi untuk membakarnya dalam waktu yang sama dengan oktan yang lebih rendah. Dengan karakter tersebut, mesin harus memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan teknik pengapian yang disetel lebih awal agar pembakaran sempurna.Karena hasil pembakaran lebih panas dan menghasilkan energi yang besar butuh material yang lebih kuat, tidak gampang meleleh. Sementara, mesin motor yang biasa dipakai harian didesain tidak terlalu panas dan kompresi rendah. Agar bisa menenggak bensin yang oktannya rendah, misalnya Premium (88) atau Pertalite (92). Jika tetap memaksakan memakai avtur untuk bahan bakar motor harian, justru dapat merusak komponen mesin hingga terjadi overheat.
3.Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)
NAMA : PAZYA WINDICA SAPUTRI
BalasHapusKELAS : XI IPS-2
HARI/TANGGAL : JUM'AT/26 AGUSTUS 2022
JAWABAN:
1.karena, Angka oktan adalah angka yang menunjukkan tingkat ketukan (knocking) yang dihasilkan di ruang bakar saat terjadi pembakaran. Sedangkan RON merupakan singkatan Research Octane Number, yang artinya angka oktan didapat setelah melalui hasil penelitian laboratorium.
2.Seiring perkembangan zaman, saat ini avtur tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan roda dua seperti motor.
3.Tidak bisa, karena Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI).
Kalau mau ngangkat tenaga, pakai Avgas, itu bensin oktan di atas 100, biasa untuk pesawat baling-baling non-turboprop.
Agustus 2022 04.28
BalasHapusNAMA : MARTONIS
KELAS : XI IPS 2
MAPEL : KIMIA
HARI/TGL : 22 AGUSTUS 2022
1. Karena setiap bahan bakar memiliki kualitas yang berbeda, sehingga memengaruhi perbedaan bilangan oktan.
2. saat ini avtur tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan roda dua seperti motor.
3. Tidak bisa, karena pertamax hanya digunakan untuk kendaraan roda dua, dan roda empat
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Nasya Teopila
BalasHapusKelas : XI IPS 2
1. Karena, Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus dihindari.
2. Bisa karena Seiring perkembangan zaman, saat ini avtur tidak hanya digunakan sebagai bahan bakar pesawat terbang, namun juga dapat digunakan untuk kendaraan roda dua seperti motor. Dalam hal ini, tidak semua jenis motor dapat menggunakan avtur, melainkan hanya motor balap yang sudah disesuaikan dan diatur sedemikian rupa.
Penggunaan avtur pada motor dilakukan karena bahan bakar ini memiliki tarikan mesin yang lebih enteng dan membuat kecepatan motor jauh meningkat lebih cepat. Namun, hal ini juga akan membuat mesin lebih cepat panas karena membutuhkan kompresi yang tinggi. Selain itu, avtur memiliki angka oktan di atas 100, sehingga dibutuhkan karakter mesin yang dapat menahan panas lebih tinggi agar pembakarannya sempurna.
3. Tidak bisa karena pesawat memerlukan bilangan oktan lebih dari 100(avtur).
Jawaban:
BalasHapus1.Setiap jenis bahan bakar yang digunakan kendaraan memiliki Nilai Oktan (Research Octane Number/RON) yang berbeda. Hal ini juga mengacu pada kualitas dan harga dari bahan bakar tersebut. tidak heran jika dengan harga dan kualitas tersebut menjanjikan penggunanya dengan perawatan mesin yang baik bagi kendaraan.
2.Memang ada yang bilang, dengan itu tarikan mesin bisa lebih enteng dan motor bisa makin ngacir. Hal tersebut bisa saja terjadi, namun khusus pada mesin motor yang telah dimodifikasi untuk balapan.Bahan bakar yang oktannya semakin tinggi karakternya semakin sulit dibakar jadi butuh panas yang tinggi untuk membakarnya dalam waktu yang sama dengan oktan yang lebih rendah. Dengan karakter tersebut, mesin harus memiliki rasio kompresi lebih tinggi dan teknik pengapian yang disetel lebih awal agar pembakaran sempurna.Karena hasil pembakaran lebih panas dan menghasilkan energi yang besar butuh material yang lebih kuat, tidak gampang meleleh. Sementara, mesin motor yang biasa dipakai harian didesain tidak terlalu panas dan kompresi rendah. Agar bisa menenggak bensin yang oktannya rendah, misalnya Premium (88) atau Pertalite (92). Jika tetap memaksakan memakai avtur untuk bahan bakar motor harian, justru dapat merusak komponen mesin hingga terjadi overheat.
3.Tidak, dikarenakan Pertamax sangat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1. Pertamax juga direkomendasikan untuk kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)